Rabu, 06 Agustus 2008

Quilling



Cantik yaaa... ngga nyangka klo frame yang sederhana terlihat anggun setelah dihias dengan gulungan kertas warna warni. Paper quilling merupakan seni menggulung kertas untuk dijadikan suatu karya unik yang bisa berbentuk bunga, hewan dan sebagainya. Pada awalnya mungkin untuk membuat suatu bentuk itu sulit, namun jika kita mau berusaha pasti akan didapatkan hasil yang memuaskan, dan akhirnya kita akan terus membuat bentuk-bentuk yang indah, karena membuat paper quilling itu mudah dan sangat menyenangkan!

Banyak sebutan untuk paper quilling. Ada paper filigree, paper rolling, paper folding atau mosaic. Intinya, paper quilling merupakan seni menggulung kertas untuk dijadikan aneka bentuk yang kemudian dirangkai menjadi suatu bentuk karya seni. Seni ini sudah ada lebih dari 500 tahun yang lalu.

Walaupun asal usul paper quilling tidak diketahui, beberapa sumber yakin ini bermula setelah ditemukannya kertas di Tiongkok. Sumber lain menyatakan bahwa seni ini sudah ada sejak zaman Mesir kuno. Pada abad 15 dan 16, para biarawati Prancis dan Italia telah membuat paper quilling dengan kualitas terbaik.

Sudah lama para wanita membuat quilling pada akhir abad 16 sampai awal abad 17, bahkan detail tentang quilling menjadi lebih populer sejak awal abad 17 sampai awal abad 18 di Eropa dan Inggris.

Paper quilling menjadi salah satu hobi yang populer di awal abad 18 pada gadis-gadis muda, mereka diajarkan di sekolah-sekolah, namun popularitas quilling menurun di akhir abad 18. Para pembuat quilling menyebarkan seni ini ke Amerika dan quilling mulai dipopulerkan kembali.

Seni keterampilan tangan ini tergolong unik dan cukup mudah. Bisa diaplikasikan pada berbagai media seperti pot tanaman, sarung bantal, bingkai, keramik atau bahkan keranjang. Bahan yang dibutuhkan adalah kuas, lem dan tissue bermotif (lem yang digunakan disesuaikan dengan media tempat tissue itu ditempelkan) dan kertas, tentunya.

Banyak variasi dalam membuat suatu bentuk dari potongan kertas, dengan begitu kita bisa menghasilkan berbagai macam hiasan. Inti dari paper quilling adalah menggulung potongan kertas dengan gulungan satu arah dari satu sisi dan mengelemnya.

Untuk membuat paper quilling, yang harus disediakan antara lain: kertas, gunting dan lem. Potonglah kertas dengan panjang ± 21cm dan lebar 3mm. Potongan kertas ini disebut juga kertas gulungan. Ambil 1 strip kertas gulungan, gulunglah dari salah satu ujung menuju ujung lainnya, pada akhir ujung gulungan berilah sedikit lem dan rekatkanlah. Setelah mendapatkan sebuah bentuk gulungan dasar, kita bisa berkreasi untuk membuat bentuk lainnya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

wi.. bagus juga fotonya.. aslinya kayak gimana ya yang frame itu? mmpp. bagus kali ya buat dijadiin produk,hehe

Ari mengatakan...

makasi ya ni udh mampir..
dijadiin produk dipasarkan trus bisa menghasilkan uang.. itu baru setuju.. tapi masih bingung mesti masarin'y? hahhaa...