Sabtu, 02 Agustus 2008

Cerpen bagian 1 (SobaT)

“Peeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng banguuuuuuuuuun udah jam berapa tuuuuh, emang lo ngga sekolah peng?” teriakan mbah putri membuat fery jatuh bangun dari kasur yang penuh dengan ompol. Yup OMPOL ternyata fery ngompol pagi itu. Tente fery yang saat itu masih SMP pun meledeknya habis-habisan, “wah peng lu mimpi basah yee?” celetuk si tante yang sedang membuat segelas teh manis. “PENG” ialah panggilan si fery karena badannya saat itu amat sangat kerempeng, menurut si tante nama fery terlalu bagus untuk ukuran anak kerempeng dan memiliki struktur gigi yang aneh seperti dia oleh sebab itu fery dipanggil PEPENG. Tak lama pepeng muncul dengan seragam putih dan celana merah yang tak sempat disetrika, ini adalah hal yang wajar karena orang tuanya menitipkan fery pada mbahnya di Jakarta, mbah sudah tua dan sibuk berjualan dipasar sehingga tak terlalu care untuk urusan seragam.

“Wah lu ngga mandi ye peng? Cepet banget, prasaan tadi pas gw bikin teh manis lu baru masuk kamar mandi” celetuk si tante yang biasa dipanggil mba sari, “makanye mba klo ngeliat jangan pake perasaan tapi pake mata” sambil ngikat tali sepatu fary terus merocos ga karuan “lagian nape ga dibangunin siii gw tadi mba? Malah mbah yang bangunin, bisa ngga dikasih ongkos niiih!!! Mbah putri termasuk orang yang disiplin, jam 3 pagi beliau sudah bangun dan melaksanakan sholat tahajud karena menurutnya tahajud mendekatkan rizkinya hari itu, mbah tergolong orang yang awet muda diusianya yang sudah kepala enam tetapi beliau tetap semangat untuk ke pasar pagi-pagi buta setelah melaksanakan sholat subuh untuk membeli bahan-bahan makanan untuk warungnya yang terletak di ujung pasar kopro.

“Mbah pei jalan dulu..” sambil mencium tangan mbah putri yang sedang membereskan sayuran. “Ambil tuh dua ribu di tas” sahut si mbah. “Okeh mbah”, dengan cekatan fery mulai mencari dua lembar uang seribuan.

Pagi itu fery begitu semangat, ketika sampai di sekolah ternyata belum bel karena jam masih menunjukkan pukul enam lewat empat pulu lima menit, sedangkan bel pukul tujuh tepat. “Fer main gimbot yuk!” tegur zenal, Zaenal adalah anak yang tergolong ketu alias kecil-kecil tua. “Wokeh, lets go nal” sahut Fery.

Saat itu di lapak tukang gimbot, Ateng teman sekelas Fery sedang asik maen game sambil jongkok dan tak menghiraukan kedatangan Fery dan Zenal. Fery dan Zenal pun langsung jongkok berbaris di depan Ateng.

Tak lama datanglah Puji teman sekelas mereka, “Bang maen donk” jelas Puji sambil menyerahkan uang lima ratusan logam pada abang pemilik game. “Wah bang talinye ngga nyape niih bang!” celetuk si Puji. Dan abang pemilik game pun meminta agar zenal mundur, karena tali yang menghubungkan zenal-fery-ateng masih panjang. “Dek munduran de” pinta si abang. “oiii fer mundur donk” celetuk zenal kesal. “iyee, oiii teng munduran teng” Ateng yang saat itu sedang asik maen game tak menghiraukan permintaan fery. “mundur dikit lagi dek” permintaan si abang membuat kesal zenal dan fery, siapa yang ngga kesel coba lagi asik-asiknye maen game eeh udah hampir menang si abang malah gangguin. “Oiii teng munduran doonk” dengan nada tinggi fery meminta Ateng mundur, dan tiba-tiba.. jebuuuurrrrrrrr.

Mereka yang ada di halaman sekolah kaget, kasihan, sekaligus senyum-senyum sendiri melihat kejadian itu baik si abang, Puji, Zenal dan Fery pun siok melihat kejadian yang menimpa Ateng. Raut muka Ateng berubah dan matanya mulai berkaca-kaca dengan akibat kejadian itu, berbeda ketika ia asik main game, pandangannya fokus pada gimbot dan tak perduli dengan got sedalam lutut orang dewasa. Akhirnya seragam sekolahnya basah kuyup dengan air got yang berlumut hitam. “Wah maaf teng bukan gw, ini niih si zenal yang nyuru gw mundur-mundur” fery mencoba membela diri. “Enak aje lu fer, bukan gw itu tuuh abangnye”. Bukan menolong ateng untuk bangkit mereka hanya berdebat ngga karuan....... to be continue

Ceritanya kapan2 lagi yaaa... binun neh... yg punya blog lage pusing tujuh keliling...


2 komentar:

lennsver mengatakan...

hahahahahha
terusin lg ceritanya,masih pnjang lg kehidupan 9w mba..
hhehehehhehe

Ari mengatakan...

hihihii.. okeeh, sabar yaa..
sepanjang ap c emg'y?
oiyap, kisah tragis lo di flora mau gw masukin jg ga? ^-^v